Pengaturan Lalu-Lintas dengan Teknologi Informasi

Teknologi informasi semakin sering digunakan di berbagai negara maju untuk membantu mengurai kemacetan lalu lintas. Di Indonesia pun sudah tersedia solusi transportasi yang membantu pemerintah dalam mengatur lalu lintas dan mengurangi kecelakaan di area paling rawan sekalipun. Simak selengkapnya.

Teknologi informasi semakin sering digunakan di berbagai negara maju untuk membantu mengurai kemacetan lalu lintas, salah satunya adalah Jepang dengan Intelligent Transportation System seperti Electronic Toll Collection untuk mengurangi kemacetan di sekitar gerbang tol.

Memang, kini sudah ada beberapa aplikasi perangkat mobile untuk membantu penduduk Jakarta menghindari kemacetan, seperti aplikasi Qlue dan Trafi yang memberi pengguna rekomendasi mode transportasi yang paling cepat. Namun Jakarta termasuk memiliki sistem lalu lintas yang rumit dengan tingkat kemacetan yang tergolong tinggi, sehingga memerlukan solusi berbasis teknologi informasi yang lebih menyeluruh untuk membuat proses pengaturan lalu lintas dan sistem transportasi menjadi lebih efektif.

Selain mengambil contoh dari negara lain, pemerintah juga dapat mengimplementasi solusi berbasis teknologi yang sudah tersedia. Solusi jaringan transportasi yang disediakan Alcatel Lucent Enterprise, contohnya, menggunakan konektifitas IP dan Internet of Things, untuk mengintegrasikan sensor jalanan, kamera, marka jalan, hingga kendaraan bermotor dengan pusat kendali agar pemerintah dapat mengawasi situasi jalanan secara real-time dan memprediksi kemungkinan terjadinya kemacetan di area-area tertentu.

Pengawasan lalu lintas yang begitu real-time juga memungkinkan pemerintah untuk merencanakan tindakan yang perlu segera diambil, seperti mengalihkan lalu lintas untuk mencegah kemacetan yang disebabkan oleh adanya pengecilan jalan ataupun kecelakaan di jalanan-jalanan Jakarta.

Solusi pengaturan lalu lintas ini juga mudah diaplikasikan, sehingga pemerintah dapat memulai pemasangan sistem di lokasi yang paling rawan kemacetan. Dari segi keamanan, Alcatel Lucent Enterprise memprioritaskan tingkat keamanan yang berlapis untuk melindungi pusat data lalu lintas pemerintah dan sistem operasional lainnya dari serangan cyber yang sekarang sedang marak terjadi.

Jika solusi pengaturan lalu lintas berbasis teknologi informasi dan komunikasi sudah diimplementasi di Jakarta, tentunya pemerintah dapat menyebarluaskan sistem ini ke kota-kota besar lain di Indonesia yang membutuhkan, seperti Bandung, Medan, dan Surabaya.

Teknologi pengaturan lalu lintas dapat suatu hari membuat Jakarta menjadi kota pintar, seperti kota-kota maju di negara lainnya. Menurut Anda sendiri, apa saja langkah-langkah pemerintah dalam pengaturan lalu lintas selama ini, yang bisa dibuat lebih efektif dengan bantuan teknologi informasi?

Categories: Artikel

No comments yet, be the first to leave one!

You must be logged in to post a comment.