Cara Teknologi Mendukung Pendidikan

Pemerintah kini sudah mulai berupaya untuk meningkatkan keterampilan teknologi yang dimiliki penduduk Indonesia, salah satunya adalah dengan memperkenalkan teknologi informasi sejak dini. Inilah bagaimana teknologi dapat membuat proses belajar-mengajar lebih interaktif dan efektif.

Pemerintah kini sudah mulai berupaya untuk meningkatkan keterampilan teknologi yang dimiliki penduduk Indonesia, salah satunya adalah dengan memperkenalkan teknologi informasi sejak dini. Dapat kita lihat bahwa semakin banyak sekolah di Indonesia yang mendorong murid-muridnya untuk membawa dan menggunakan laptop pribadi di sekolah.

Selain untuk membantu murid dalam melakukan riset, menggunakan email, serta mengikuti UN berbasis komputer, sesungguhnya penggunaan teknologi juga dapat memberikan berbagai keuntungan lain yang membuat proses pembelajaran lebih efektif.

Berikut adalah cara-cara teknologi dapat membuat proses belajar-mengajar lebih interaktif:

Aplikasi Simulasi Mata Pelajaran

Dengan membawa laptop pribadi ke kelas, para guru dapat mengutilasikan materi pembelajaran tambahan yang dapat ditemukan di internet. Bahkan, kini dapat ditemukan software yang membantu murid mempelajari pelajaran-pelajaran sekolah. Software-software ini dikenal juga sebagai “Computer Assisted Instrution (CAI)”. Contoh software CAI adalah Tinkercell untuk pelajaran Biologi dan Physion untuk membantu belajar fisika.

Virtual Library

Untuk mendukung efektifitas teknologi dalam proses pembelajaran, perpustakaan sekolah pun juga dapat didigitalisasi dan ditempatkan di situs berbasis awan (cloud) yang dapat diakses oleh murid-murid sekolah melalui berbagai perangkat (tak hanya laptop). Adanya perpustakaan virtual berarti murid dapat dengan mudah mengunduh buku elektronik atau materi belajar lainnya dari manapun, tanpa harus berangkat ke perpustakaan dan membawa pulang buku-buku yang berat.

Ruang Kolaborasi Online

Selain software CAI, software yang dapat digunakan para guru dan murid adalah software kolaborasi. Software kolaborasi dapat digunakan sebagai forum online untuk berbagi informasi dengan satu sama lain ataupun berdiskusi secara virtual dari mana saja dan kapan saja. Forum diskusi online ini juga memberikan kesempatan bagi murid yang tidak dapat masuk kelas untuk tetap mengikuti pelajaran, serta mempermudah para guru dalam memberikan pemberitahuan apapun ke murid-muridnya secara elektronik.

Selain untuk berdiskusi, software kolaborasi juga dapat menjadi tempat virtual untuk menampung materi belajar tambahan seperti buku elektronik (e-book) atau catatan presentasi guru yang dapat diunduh oleh murid untuk mendalami pelajaran tertentu.

Saat mengerjakan tugas kelompok, software kolaborasi juga dapat digunakan para murid untuk bekerja sama, berbagi hasil penelitian, serta bersama-sama meninjau hasil kerja kelompok secara online sebelum diserahkan ke guru.

Video Conference

Selain belajar semata-mata dari buku pelajaran sekolah, proses pembelajaran dibuat lebih mendalam dengan hadirnya pakar-pakar bidang studi sebagai guru tamu untuk pelajaran-pelajaran tertentu. Dengan adanya pakar yang berbagi pengalaman, para murid dapat mengasosiasikan teori yang telah dipelajari dengan pengalaman praktek yang dibahas. Ini tentunya akan membuat pelajaran lebih diingat oleh murid. Namun seringkali, sesi penting ini susah diwujudkan karena penuhnya jadwal para pakar atau jauhnya lokasi mereka. Software kolaborasi juga merupakan salah satu teknologi yang dapat menghadirkan para pakar tersebut secara virtual melalui panggilan video atau Video Conference. Dengan demikian, para pakar dapat berdiskusi, mengajar, serta menambah wawasan murid tanpa harus hadir di tempat.

Kemampuan untuk berkomunikasi dan berkolaborasi dari mana pun sungguhlah penting dalam edukasi, dan seperti yang kita bahas di artikel ini, penggunaan teknologi seperti perpustakaan virtual serta software kolaborasi untuk diskusi secara online sekaligus melakukan video conference telah menjadi solusi utama yang semakin diperlukan di berbagai sekolah di Indonesia.

Menurut Anda, selain teknologi yang sudah disebutkan di atas, teknologi mana lagi kah yang juga dapat diaplikasikan dengan cepat di sekolah-sekolah di Indonesia?

Categories: Artikel

No comments yet, be the first to leave one!

You must be logged in to post a comment.