Kampung Teknologi Foundation untuk Memperkenalkan Teknologi ke Masyarakat

Seperti yang kita ketahui, sumber daya manusia di Indonesia perlu dilengkapi ilmu penggunaan teknologi komunikasi untuk meningkatkan daya saing. Salah satu organisasi masyarakat yang membantu mencapai hal tersebut adalah Kampung Teknologi Foundation. Inilah cara pemerintah dapat memperkenalkan teknologi ke masyarakat dengan mendukung gerakan Kampung Teknologi Foundation.

Selama ini, kita sudah membahas tentang pentingnya pengembangan sumber daya manusia di era digitalisasi ini untuk meningkatkan daya saing, salah satunya adalah dengan memperkenalkan teknologi informasi kepada masyarakat Indoensia sejak dini. Namun saat ini masih sebagian besar masyarakat yang belum memiliki akses terhadap komputer dan internet, dan inilah yang seringkali menjadi hambatan.

Selain upaya dari pemerintah, berbagai komunitas bergerak untuk mengatasi permasalahan ini. Salah satunya adalah organisasi non-profit bernama Kampung Teknologi Foundation, yang bertujuan untuk bantu membangun infrastruktur dengan memberikan masyarakat akses ke komputer dan internet, sekaligus memberikan ajaran tentang cara memaksimalkan dua hal tersebut.Saat ini, Kampung Teknologi Foundation dilengkapi dengan hardware, software, dan internet yang memadai berkat donasi dari berbagai pihak.

Salah satu ilmu yang akan diperlukan masyarakat untuk bersaing di masa depan, yang dapat diperkenalkan di Kampung Teknologi Foundation, adalah ilmu berkolaborasi menggunakan teknologi yang disebut juga sebagai teknologi unified communications. Ini adalah jenis solusi teknologi yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan berbagai cara, mulai dari panggilan suara ataupun video, pengiriman dokumen, pengadaan konferensi online, ataupun memperlihatkan presentasi, menggunakan perangkat apapun. Teknologi seperti ini sudah sering digunakan di dunia perkantoran ataupun pemerintahan, dan menghadirkan teknologi ini ke Kampung Teknologi Foundation adalah cara pemerintah dapat memperkenalkan masyarakat luas ke teknologi komunikasi sejak dini.

Kampung Teknologi Foundation mempunyai berbagai program edukasi yang mengajarkan masyarakat caraR menggunakan internet/wifi,  mengolah foto, membuat game, ataupun menggunakan aplikasi perkantoran. Dengan keahlian memanfaatkan teknologi, maka diharapkan para peserta dapat langsung siap menghadapi tuntutan dunia kerja yang sekarang terus berkembang. Bahkan kalau memungkinkan dapat membangun sisi kewirausahaan dan memanfaatkan teknologi baik sebagai operasional maupun sebagai alat pemasarannya.

Melihat dari inisiatif dari Kampung Teknologi Foundation, teknologi apa yang paling perlu untuk dapat segera dinikmati oleh masyarakat lebih luas? Dan keahlian yang bersentuhan dengan teknologi apa yang diperlukan untuk dapat bersaing?

Categories: Artikel

No comments yet, be the first to leave one!

You must be logged in to post a comment.