Apa arti connected government bagi anda?

Topik ini mengandung 2 balasan, memiliki 3 suara, dan terakhir diperbarui oleh Foto Profil dari Hans Justin Hans Justin 9 bulan, 1 minggu yang lalu.

Melihat 3 tulisan - 1 sampai 3 (dari total 3)
  • Penulis
    Tulisan-tulisan
  • #594
    Foto Profil dari admin
    admin
    Participant

    Seiring dengan berjalannya trend teknologi dan komunikasi, banyak pemerintahan di dunia berusaha mencapai connected government dalam rangka peningkatan mutu layanan terhadap masyarakatnya. Dari berbagai layanan inilah muncul definisi dan implementasi yang berbeda mengenai connected government. Ada yang menjabarkan sebagai penerapan teknologi diseluruh aspek pemerintahan, ada yang menjabarkannya sebagai pemerintakan kota yang pintar. Lalu apakah arti connected government bagi Anda?

    #931

    sangat baik hal ini, karena sistem yang selama ini sangat lamban untuk menyikapi sebuah permasalahan dan merespon masalah secara sendiri-sendiri tanpa suatu keterkaitan dengan sektor lainnya, padahal kita sangat membutuhkan sebuah putusan yang spsifik untuk menjawab permasalahan yang ada,,
    – sistem surat menyurat
    – rapat yang harusnya bisa dilakukan melalui media internet
    – penyusunan kegiatan yang transparan dan terfokus oleh semua pemangku kepentingan
    – sistem pelatihan secara online berupa video tutorial dan penjelasan dalam bentuk dokumen yang resmi dikeluarkan oleh pemerintah serta interaksi online apabila ada yang kurang jelas, sehingga pelatihan menjadi murah.
    – pemerintah dapat melihat langsung permasalahan dari semua sisi, dan dapat memutuskan secara langsung dengan mudah, tanpat harus rapat koordinasi dengan pihak yang berkepentingan.
    – pendataan menjadi lebih mudah baik untuk sistem kependudukan, ekonomi, kamtibmas, permasalahan=permasalahan di masyarakat yang belum teratasi

    #983
    Foto Profil dari Hans Justin
    Hans Justin
    Participant

    Connected Government sebenarnya mempunyai tujuan dimana implementasi teknologi dipergunakan untuk memaksimalkan pengumpulan informasi yang relevan dan akurat dan menyelaraskan pertukaran informasi antar pihak, dari pemerintahan pusat, kementerian dan departemen2 dibawahnya, pemerintah daerah sampai RT dan RW (seamless information integration). Sentralisasi informasi yang telah dilakukan dapat diakses oleh departemen terkait dan bahkan pelaku industri terkait dengan mudah, cepat dan akurat sehingga dapat meningkatkan effisiensi dan kinerja para pihak terkait.

    Contoh sederhana yang sudah berjalan adalah monitoring proses tahap peng-aplikasian perijinan yang dapat dilakukan sendiri oleh pihak pemohon.

Melihat 3 tulisan - 1 sampai 3 (dari total 3)

Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.