Sekali Lagi Tentang Integrasi Aplikasi

Salah satu masalah yang dihadapi dalam sebuah sistem informasi adalah integrasi aplikasi. Akibat terlalu banyak aplikasi yang berdiri sendiri-sendiri, pertukaran data sangat sulit dilakukan.

Dalam pertemuan antarinstansi dan juga dalam tulisan terdahulu, saya telah menyampaikan bahwa salah satu masalah yang dihadapi dalam sebuah sistem informasi adalah integrasi aplikasi. Akibat terlalu banyak aplikasi yang berdiri sendiri-sendiri, pertukaran data sangat sulit dilakukan.

Mengapa? Sebab masing-masing aplikasi memiliki format data sendiri, cara penyimpanan data di dalam database sendiri, dan cara berkomunikasi sendiri.

Maklum, latar belakang pengembang aplikasi juga sangat bervariasi.

Diperkirakan ada lebih dari 1000 layanan yang diberikan sebuah kota untuk warganya. Jika satu layanan dilakukan oleh sebuah aplikasi (meskipun tidak harus demikian) maka itu berarti ada lebih dari 1000 aplikasi. Bayangkan betapa sulitnya integrasi aplikasi.

Berbagai upaya sudah dilakukan untuk membuat standar. Salah satu standar yang sekarang mulai ramai digunakan adalah Enterprise Service Bus (ESB). Pada prinsipnya, ESB adalah sebuah model dan implementasi interaksi antar-aplikasi. Saat ini sudah ada beberapa implementasi ESB ini.

Kondisi saat ini memang belum banyak aplikasi yang menerapkan ESB ini, tetapi di kemudian hari – jika ini dijadikan standar – akan lebih banyak aplikasi yang dapat “berbicara” ESB.

Di Indonesia, ada sebuah inisiatif yang dilakukan oleh Kominfo yang disebut dengan GSB: Government Service Bus. Ini adalah sebuah inisiatif ESB untuk aplikasi yang terkait dengan eGovernment. Sebetulnya inisiatif semacam ini tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga di luar negeri.

Mari kita berbagi pengalaman mengenai GSB ini.

Categories: Artikel

One comment

  1. Budi Rahardjo said on November 10, 2016
    Saya lihat banyak yang sudah memulai ini dengan menggunakan WSO2. Kayaknya ini kita adopsi sebagai standar saja? Bagaimana komentara Anda?

You must be logged in to post a comment.