Pemanfaatan IoT di Pemerintahan

Salah satu contoh IoT adalah lampu pintar, yang dapat dikendalikan dari pusat. Pemimpin kota dapat melihat dengan cepat status dari lampu-lampu jalanan.

Sekarang ini Anda pasti pernah mendengar istilah IoT — Internet of Things. Ada dua komponen dari istilah itu; “things” dan “internet“. Things terkait dengan benda, yang dalam hal ini bisa berupa apa saja. (Nanti kita lihat hubungannya dengan aplikasi di pemerintahan.) Sementara internet sebetulnya bermakna jaringan atau datanya dapat diakses dari mana saja.

Salah satu things yang banyak dibicarakan adalah sensor lingkungan. Dalam konteks IoT, sensor ini dapat berupa sensor temperatur (kelembaban, nyalanya lampu, dan seterusnya) yang dapat diakses melalui internet. Sensor ini dapat diletakkan di berbagai titik kota sehingga dapat dipantau oleh pemerintah (walikota, bupati, camat, dan seterusnya).

Sebagai contoh IoT adalah lampu pintar. Lampu ini dapat memberi tahu statusnya (hidup, mati) dan bahkan dapat dikendalikan dari pusat (hidup matinya, intensitasnya). Pemimpin kota dapat melihat dengan cepat status dari lampu-lampu jalanan.

Aplikasi-aplikasi lain dari IoT untuk pemerintahan misalnya distribusi air bersih, ketinggian air (dan mungkin juga debitnya) di sungai, kondisi jembatan, terowongan, infrastruktur fisik lainnya, serta masih banyak lagi.

Siap-siap kita akan dikelilingi oleh IoT.

Categories: Artikel

No comments yet, be the first to leave one!

You must be logged in to post a comment.