6 Alasan Mengapa Aplikasi Messaging Anda Harus Berkelas Enterprise

Banyak orang menggunakan aplikasi Facebook Messenger, WhatsApp atau Snapchat untuk texting, akan tetapi apakah kita professional jika gunakan aplikasi diatas untuk membahas pekerjaan? Temukan 6 alasan mengapa messaging Anda harus berkelas enterprise!

Sejauh ini, kita melihat hampir semua orang berkomunkasi dengan cara mengirimkan pesan teks melalui handphone mereka. Hal ini dilakukan karena prosesnya sangat cepat dan mudah. Banyak orang tidak lagi mengandalkan email dalam mengirim pesan dikarenakan email sering hilang dalam kotak spam, mereka juga sudah malas untuk mengirim voice mail. Pesan teks atau texting adalah solusi yang cepat, murah dan mudah.

Banyak orang menggunakan aplikasi seperti Facebook Messenger, WhatsApp atau Snapchat untuk texting, akan tetapi apakah kita professional jika menggunakan aplikasi diatas untuk membahas masalah pekerjaan ? Jika dilihat dari segi keamanan, Saya yakin kita semua setuju bahwa aplikasi-aplikasi tersebut tidak memenuhi standar keamanan yang dibutuhkan untuk urusan pekerjaan, mengingat sensitifnya data-data yang dimiliki oleh perusahaan.

Pada 19 Oktober 2016, Constellation Shortlist merilis beberapa aplikasi messaging yang harus dipertimbangkan oleh perusahaan-perusahaan yang ingin menggunakan aplikasi messaging untuk  keperluan pekerjaan mereka. Salah satu aplikasi yang masuk dalam daftar tersebut adalah Alcatel-Lucent Rainbow.

JADI, MENGAPA APLIKASI MESSAGING ANDA HARUS BERKELAS ENTERPRISE ?

  1. Keamanan

    Apakah Anda menggunakan email pribadi untuk bekerja? Mungkin saja tidak. Lalu mengapa Anda menggunakan aplikasi messaging pribadi untuk mendiskusikan pekerjaan  Anda? Para pembuat aplikasi messaging ini secara berkala merubah kebijakan privasi mereka, bahkan terkadang memperbolehkan orang lain untuk mengambil data kita. Menurut Anda, seberapa amankah informasi yang Anda miliki saat menggunakan aplikasi tersebut? Biarkan Saya menjawabnya untuk Anda, Tidak aman sama sekali. Untuk keamanan yang terbaik, Anda harus menggunakan aplikasi yang berkelas enterprise.

  2. Penggunaan Desktop dan Mobile

    Aplikasi messaging yang umum, seperti WhatsApp, sangatlah nyaman digunakan di handphone, tetapi tidak semua bisnis bisa dilakukan dengan handphone – seperti agen call center ataupun layanan support lainnya – mereka tidak bisa dengan bebasnya membagikan nomor handphone mereka. Ada beberapa perusahaan membutuhkan aplikasi messaging yang dapat berfungsi antar desktop dan smart-phone dengan email sebagai tanda pengenalnya.

  3. Administrasi

    Aplikasi-aplikasi umum tidak mempunyai portal admin yang dapat memastikan kemudahan pengaturan pengguna untuk pemantauan penggunaan, kebijakan-kebijakan perusahaan, penyalinan data, dan lainnya. Dan tanpa pengaturan pengguna, perusahaan tidak bisa mengawasi pesan yang dikirimkan oleh karyawannya serta hal ini memudahkan hacker untuk melihat pesan tersebut. Dengan aplikasi messaging kelas enterprise memudahkan perusahaan untuk melakukan pengawasan penggunaan dan memungkinkan perusahaan untuk melakukan penyalinan data.

  4. Support

    Support sangat penting untuk bisnis Anda. Jika sesuatu tidak berfungsi dengan baik,  siapa yang akan Anda hubungi? Hanya aplikasi berkelas enterprise yang dapat menawarkan pengawasan, support, SLAs, dan orang yang didedikasikan khusus untuk fungsi ini.

  5. Telepon dan direktori perusahaan

    Direktori perusahaan akan terus menerus berubah sejalan dengan adanya karyawan yang baru bergabung ataupun berhenti. Cara terbaik untuk update adalah dengan mengintegrasikan aplikasi messaging dengan direktori perusahaan, sesuatu yang mustahil bisa dilakukan oleh aplikasi biasa karena tidak memungkinkan bagi aplikasi tersebut mengakses data perusahaan Anda.

    Aplikasi berkelas enterprise seperti Rainbow, membuat Anda dapat melihat informasi lainnya seperti desk-phone presence (sedang digunakan atau tidak) yang akan berintegrasi dengan aplikasi tersebut, memperlihatkan apakah rekan kerja Anda sibuk atau tidak. Integrasi dengan telepon system juga membuat Anda dapat melakukan click-to-call dari aplikasi desktop messaging ini. Pada intinya, aplikasi berkelas enterprise tidak hanya dapat melalukan pengiriman text, telepon atau video call tetapi juga memonitor penggunaannya.

  6. Integrasi dengan alat-alat perusahaan lainnya

    Sekali lagi, aplikasi messaging pada umumnya tidak dapat berintegarsi dengan asset IT yang sudah dimiliki perusahaan Anda, yang mana integrasi ini merupakan factor penting untuk produktivitas end-to-en.

    Lalu, sekarang bagaimana? Anda dapat melihat bahwa aplikasi messaging pada umum tidak dapat diandalkan jika menyangkut hal-hal penting dalam bisnis. Apakah Anda perlu mengeluarkan uang yang banyak? Apakah Anda harus membeli suatu jaringan dan support yang baru untuk dapat mengakses dan menggunakan aplikasi messaging yang berkelas enterprise?

    Tidak perlu

    Anda tidak harus melakukan upgrade yang berlebiham untuk hal ini. Nyatanya, Anda hanya tinggal mengakses produk freemium Alcatel-Lucent Rainbow.

    APA ITU RAINBOW ?

    Alcatel-Lucent Rainbow adalah aplikasi yang berbasis cloud, berkelas enterprise, platform komunikasi (cPaaS) yang menghubungkan orang dengan sistem. Aplikasi ini menciptakan suatu sistem yang terintegrasi dan inovatif berbasis cloud dan dapat mengkolaborasikan ruang kerja  untuk pelaku usaha dan kolega mereka.

    Aplikasi ini  menawarkan pengaturan kontak, kehadiran, penyampaian pesan secara terus menerus, audio/video, pembagian layar dan juga file. Aplikasi ini tersedia untuk desktop dan juga untuk smart-phone. Daftar sekarang untuk mengakses dan menggunakan Rainbow, gratis di www.openrainbow.com

    Dalam waktu dekat, Rainbow juga akan terkoneksi dengan objek (IoT).

    KERUGIAN APA YANG ANDA DAPATKAN

    Mengapa Anda tidak mencoba Rainbow hari ini dan lihat mengapa aplikasi ini berhasil masuk dalam the Constellation Shortlist. Atau hubungi kami  untuk penjelasan lebih lanjut.

    THE CONSTELLATION SHORLIST

    Constellation mengevaluasi lebih dari 10 solusi yang dikategorikan dalam pasar ini. Constellation Shortlist ini ditentukan oleh permintaan klien, percakapan-percakapan partner, referensi pelanggan, seleksi proyek vendor, pangsa pasar, dan penelitian internal.

    Constellation mempertimbangkan banyak kriteria saat membentuk daftar termasuk kontrol admin, pilihan obrolan/suara/video, akses, fitur freemium vs premium, tempat penyimpanan data independent, manajemen, kemampuan pencarian dan keamanan.

Categories: Artikel

No comments yet, be the first to leave one!

You must be logged in to post a comment.