Layanan E-Pajak Pemerintah Bantu Masyarakat Laporkan Pajak

E-pajak adalah aplikasi pajak terintegrasi milik Dirjen Pajak. Seperti apa implementasinya, bagaimana teknologinya dan apa yang harus ditingkatkan dari aplikasi ini.

Bulan Maret identik dengan pelaporan pajak. Sepanjang satu bulan ini biasanya masyarakat Indonesia mendatangi kantor Direktorat Jendral Pajak untuk melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) untuk laporan penghitungan dan pembayaran pajak. Namun seiring perkembangan jaman, saat ini Direktorat Jendral Pajak telah membuat sistem pelaporan pajak online yang membuat kita dengan mudah melaporkan pajak dari perangkat teknologi seperti smartphone.

E-pajak namanya. Adalah sebuah aplikasi pajak terintegrasi untuk menghitung, menyetor, dan melaporkan pajak perseorangan maupun perusahaan secara online dan dapat menghemat waktu penggunanya. Dengan adanya sistem ini kita sebagai wajib pajak tentunya akan sangat terbantu dalam melaporkan kewajiban pajaknya. Bagi masyarakat urban yang memiliki tingkat mobilitas yang tinggi, sistem ini tentunya memudahkan mereka untuk melaporkan kewajiban pajaknya tanpa harus berlama-lama antri di kantor pajak.

Tidak hanya memiliki kelebihan pada tingkat efisiensi waktu, dengan adanya sistem online pajak ini maka setiap perubahan peraturan pemerintah terbaru akan secara otomatis diperbarui di dalam aplikasi OnlinePajak, memastikan seluruh laporan kita dibuat secara akurat sesuai dengan peraturan pajak yang berlaku. Hal ini tentu saja akan membantu kita untuk mengetahui update-update terbaru mengenai peraturan pemerintah menyangkut kewajiban pajak yang harus kita ketahui.

Dari sistem online pajak ini memudahkan kita untuk menghitung, setor, dan membuat laporan tentang kewajiban yang harus kita laporkan seperti PPN, PPh 23 dan PPh 21 (beta). Semua pajak-pajak yang wajib kita laporkan bisa dilakukan dalam satu aplikasi terpadu. Kita sebagai wajib pajak tinggal mengisi data-data pada formulir online seperti nama, alamat, nomor NPWP, dan nantinya semua data tersebut akan masuk ke dalam sistem pelaporan di kantor Direktorat Jendral Pajak.

Sebagai sebuah sistem pelaporan pajak online, apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari sistem online ini. Pertama, dengan adanya sistem pelaporan pajak online ini dapat mengurangi terjadinya praktek faktur pajak fiktif  yang dapat merugikan negara. Selain itu sistem online ini juga menjadi bentuk peningkatan pelayanan, penertiban, dan pengawasan administrasi pajak.

Selain itu, sistem online ini juga menjamin keamanan dan kerahasiaan data wajib pajak.  Direktorat Jendral Pajak menjamin keamanan dan kerahasiaan data pribadi serta perusahaan dalam sistem server tersendiri di Indonesia dan terpisah dengan sistem lainnya.  Kelebihan lainnya dari lapor SPT secara online yakni bukti pelaporan SPT aman tersimpan di email. Data SPT juga dapat diakses wajib pajak setiap saat selama terdapat jaringan internet.

Tidak hanya sisi kelebihan saja yang disoroti, sistem online ini juga memiliki beberapa kekurangan seperti kendala pada jaringan internet yang masih belum merata di setiap daerah membuat tidak semua masyarakat Indonesia dapat dengan mudah mengakses sistem online pelaporan pajak ini. Selain itu, sistem online pelaporan pajak ini juga rentan terkena virus dan malware.

E-pajak memang menjadi terobosan terbaru dari Direktorat Jendral Pajak dalam hal memberikan pelayanan dan kemudahan bagi masyarakat di Indonesia untuk melaporkan pajaknya. Sistem pelaporan pajak secara online ini tentu saja sejalan dengan kemajuan jaman di mana era digital saat ini membuat kita tidak lagi berlama-lama mengantri untuk melaporkan pajak. Masyarakat Indonesia juga menyambut baik adanya teknologi e-pajak. Ini bisa terlihat dari banyaknya pengguna internet di Indonesia yang saat ini melaporkan pajaknya melalui sistem e-pajak.

Sebagai warga negara yang baik sudah seharusnya kita wajib melaporkan kewajiban pajak kita kepada negara. Pembangunan gedung, perbaikan jalan hingga penambahan sarana dan prasarana di negara ini tentunya bergantung dari pajak yang kita bayarkan. Sudah seharusnya kita mendukung kemajuan negara dan bangsa ini melalui kontribusi kita dalam membayar pajak dan melaporkannya melalui sistem e-pajak ini.

Categories: Artikel

No comments yet, be the first to leave one!

You must be logged in to post a comment.