7 Sifat Karyawan Ideal di Era Teknologi

Mencari tenaga kerja yang mudah ‘berbaur’ dengan teknologi sekaligus cerdik dalam menyelesaikan masalah bisa menjadi tantangan bagi pemerintah.  Apa sajakah sifat-sifat yang harus dilihat pemerintah saat mencari karyawan di era perkembangan teknologi ini? Simak di artikel ini.

Artikel sebelumnya membahas tentang bagaimana pemerintah dapat meningkatkan produktifitas karyawan di lingkungan kerja dengan teknologi. Namun di era perkembangan teknologi ini, mencari tenaga kerja yang mudah ‘berbaur’ dengan teknologi sekaligus cerdik dalam menyelesaikan masalah bisa menjadi tantangan bagi pemerintah.

Untuk membantu menemukan karyawan yang ideal, pemerintah bisa mencari sifat-sifat yang membuat seorang karyawan cocok bekerja di samping teknologi, seperti yang di bawah ini:

  1. Mempunyai pemikiran yang terbuka

Penggunaan teknologi di lingkungan kerja mencerminkan kesiapan pemerintah untuk cara kerja yang lebih baru. Contohnya, rapat konferensi kini dapat diadakan secara online dan dokumen pun dapat disimpan di cloud dan diakses dari mana saja, dan karyawan-karyawan yang berpikiran terbuka akan dengan siap mempelajari bagaimana semua teknologi ini dapat memudahkan mereka untuk berkontribusi dalam setiap perencanaan pemerintah.

  1. Berkolaborasi secara visual

Teknologi komunikasi telah memungkinkan kita untuk tetap terhubung dengan kolega dan mitra kerja dari mana saja. Dengan adanya solusi kolaborasi yang dapat diimplementasi di perangkat kerja apapun, sudah menjadi sebuah keharusan bagi karyawan untuk bisa berkolaborasi dengan berbagai departemen dari berbagai kota menggunakan solusi ini, tanpa merasa terhambat oleh jarak dan lokasi.

  1. Cepat beradaptasi dengan lingkungan

Era digitalisasi memberi kesempatan tak hanya untuk komunikasi yang lebih cepat, tapi juga perubahan dan pengembangan rencana yang tiada henti. Maka itu, pemerintah perlu mencari karyawan yang dapat secara cepat beradaptasi dengan teknologi di lingkungan yang penuh perubahan, terutama jika karyawan tersebut sering keluar kantor. Karyawan yang memiliki sifat ini akan mengutilasikan solusi pendukung mobilitas seperti Unified Communications dari Alcatel Lucent Enterprise untuk langsung mengakses dokumen dengan cepat dari manapun saat sangat dibutuhkan.

  1. Menggunakan data sebagai dasar perencanaan

Sudah tidak dapat dipungkiri bahwa kini data sudah semakin penting dalam pemerintahan, dan karena itu, setiap proses perencanaan harus didukung oleh data. Pemerintah perlu meresap tenaga kerja yang tak hanya bisa membuat rencana berdasarkan data, tapi juga selalu siap memperlihatkan sekaligus mendiskusikan perincian rencananya dengan berbagai departemen melalui software kolaborasi yang mendukung komunikasi.

  1. Gemar berbagi informasi

Kegemaran berbagi informasi dan penemuan ke rekan-rekannya merupakan salah satu sifat penting yang perlu dicari pemerintah dalam seorang karyawan. Karyawan yang menyalurkan sifat transparan ini melalui teknologi seperti Unified Communications akan memainkan peran penting dalam membuka pikiran banyak pihak dengan analisa data terbaru setiap saat.

  1. Inisiatif saat bekerja sama

Dengan bertambahnya Sumber Daya Manusia yang diperlukan untuk menjalankan bermacam-macam projek pemerintahan, penting bagi pemerintah untuk mencari karyawan yang memegang erat kultur kerjasama serta mengerti cara kerja dan kebutuhan timnya. Karyawan seperti ini akan bekerja secara efektif dengan memaksimalkan solusi kolaborasi seperti Unified Communications untuk menggelar rapat konferensi atau panggilan video antar departemen secara online kapanpun dan dimanapun.

  1. Kreatif dan berjiwa pemimpin

Karyawan yang memiliki kreatifitas dalam mencari kesempatan dan jalan keluar dari setiap masalah akan menjadi aset SDM yang vital bagi pemerintah. Saat bekerja dengan tim yang mobile atau berada di gedung yang berbeda, seorang karyawan yang kreatif akan memilih variasi teknologi kolaborasi yang tepat untuk memimpin rekan-rekannya secara visual demi kelangsungan projek, termasuk penggunaan solusi kolaborasi untuk konferensi online, pembagian informasi dan dokumen melalui cloud, dan teknologi lainnya yang termasuk dalam solusi Unified Communications

Keahlian dan kompetensi yang dimiliki Sumber Daya Manusia perlu dapat berkembang seiring perkembangan teknologi di lingkungan kerja. Alcatel Lucent Enterprise menyediakan berbagai jenis teknologi kolaborasi seperti yang disebutkan di atas, dan bila pemerintah dapat memadukan teknologi-teknologi tersebut dengan karyawan yang ideal, maka kelancaran proses kerjasama antar departemen pemerintahan sudah tak lagi menjadi masalah.

Kriteria seperti apa saja yang Anda cari dalam seorang karyawan? Silahkan ceritakan di komentar di bawah ini.

Categories: Artikel

No comments yet, be the first to leave one!

You must be logged in to post a comment.