Tren Transformasi Digital Dalam Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah

Pesatnya perkembangan teknologi digital kini memasuki ranah pendidikan. Beberapa teknologi terdepan seperti Internet of Things serta Augmented Reality dan Virtual Reality juga perlahan memasuki kelas-kelas sekolah tingkat dasar dan menengah. Transformasi ini memiliki prasyarat jaringan internet berkecepatan tinggi, dapat diandalkan dan aman.

Beberapa tren lain yang akan marak memasuki kelas-kelas dalam beberapa tahun ke depan adalah e-book dan buku ajar digital-interaktif, pengajaran berbasis game, materi ajar berbasis video, gawai ajar per murid, Bring Your Own Device dan ujian dengan medium digital. Pergerseran dan transformasi digital ini akan membuka era pengajaran baru yang lebih interaktif.

Keuntungan dari pergeseran menuju buku ajar interaktif dan digital adalah ketersediaan instan, pembaruan konten berkala dan efisiensi penyimpanan (puluhan buku di satu gawai atau gawai penyimpanan). Buku ajar interaktif diprediksi akan menjadi tren dengan keunggulan dari segi interaktivitas, desain user-experience serta aspek gamification sebagai faktor pendukung aktivitas belajar mengajar dapat memfasilitasi gaya belajar murid yang berbeda-beda.

Berikutnya adalah pendidikan berbasis video gim, yang akan menarik perhatian murid dalam kegiatan belajar mengajar. Bukan hanya berbasis dari video gim konsol atau ponsel pintar, gawai Virtual atau Augmented Reality dapat dipertimbangkan untuk menjadi medium pengajaran. Materi-materi pengajaran yang bisa disampaikan dapat bervariasi dan sesuai dengan kebutuhan spesifik murid.

Tren tersebut senada dengan implementasi satu gawai per murid, baik itu laptop, tablet, atau ponsel pintar. Sementara tren ini tergantung pada finansial sekolah untuk menyediakan gawai, alternatif yang akan menjadi tren adalah Bring Your Own Device. Praktik ini mampu mengalihfungsikan posisi gawai seperti ponsel pintar dari distraksi menjadi sumber pengetahuan dan alat pengajar.

Berbagai tren tersebut harus dapat difasilitasi oleh jaringan institusi pendidikan. Lembaga pendidikan dan sekolah harus mampu menjawab dua kebutuhan sekaligus; jaringan untuk murid (penggunaan IoT, VR dan AR dalam belajar mengajar, coding, hingga robotika) dan manajemen/administrasi (biaya yang bersaing, kemudahan akses, kecepatan dan jangkauan jaringan, serta pelatihan operasional personil IT).

Semuanya membutuhkan dukungan jaringan nirkabel dan LAN yang aman serta konsisten. Menyoal koneksi nirkabel, solusi teknologi dari Alcatel-Lucent Enterprise adalah access point berkecepatan tinggi Alcatel-Lucent OmniAccess, dengan jangkauan terukur dan keamanan yang terjamin.

Menurut Laying the Groundwork For Tomorrow’s Digital School yang dirilis Alcatel-Lucent Enterprise, transformasi digital tersebut telah dilakukan di Istituto Zaccaria Dei Padri Barnabiti di Milan, Italia. Sekolah yang telah berdiri sejak abad ke-17 tersebut sudah mengaplikasikan koneksi nirkabel dengan Alcatel-Lucent OmniAccess.

Solusi ini dengan otomatis dapat mengenali user, gawai dan aplikasi dengan aturan jaringan yang telah ditetapkan, juga berfungsi sebagai fondasi sistem lain seperti emblem Wi-fi dan Digital Living Network Alliance (jalur distribusi video dan konten multimedia lainnya). Dengan demikian, proses belajar mengajar berkelindan dengan inovasi digital dan penyebaran pengetahuan baru secara terstruktur.

Transformasi digital dalam proses belajar mengajar bukan lagi fenomena asing, melainkan suatu langkah baru, baik dalam dunia pendidikan maupun teknologi. Berlandaskan infrastruktur jaringan yang tepat, aman dan berkecepatan tinggi, kini dapat membantu pengajar dan murid untuk memaksimalkan berbagai teknologi terkini (IoT, VR, AR, dll) dalam proses belajar mengajar dan menggali potensi seluruh pihak yang terlibat dalam proses tersebut. Sampai manakah kesiapan semua pemangku kepentingan di dunia pendidikan Indonesia untuk menjalani transformasi digital demi pendidikan yang lebih berkualitas?

Categories: Artikel

No comments yet, be the first to leave one!

You must be logged in to post a comment.