Smart Classroom, Ruang Belajar Masa Depan

Smart Classroom, Ruang Belajar Masa Depan

Perkembangan perangkat elektronik, sistem dan teknologi pintar baru menciptakan kemungkinan baru implementasi skema Smart Classroom. Sejak satu dekade belakangan, skema ini telah berkembang ke generasi kedua berbasis penggunaan perangkat/teknologi mobile oleh siswa dan guru, serta komunikasi dua arah antara semua user dengan Smart Learning Environment.

Dalam Smart classroom: real-time feedback on lecture quality, Glogoric, Uzelac dan Krco mengetengahkan potensi Internet of Things sebagai komponen krusial Smart Classroom.

“Ruang kelas biasa dapat berubah menjadi Smart Classrom yang dapat aktif mendengarkan, dan menganalisis suara, perbincangan, gerakan, perilaku dll, menggunakan teknologi IoT serta analisis social-behavioral untuk mengambil simpulan mengenai pengajaran guru dan kepuasan siswa.”

Jaringan IoT yang kini sudah marak digunakan di institusi pendidikan utamanya digunakan untuk kemanan (CCTV) dan proses administratif. Sedangkan teknologi audio-visual pintar seperti display, papan tulis dan proyektor pintar kini telah menjadi fitur pelengkap di ruang-ruang kelas.

Bahkan televisi pintar yang mampu mengakses interweb pun mulai digunakan di berbagai kelas. Perangkat elektronik seperti ini dapat memudahkan siswa untuk mengakses konten ilmiah baru, berita teraktual dan konten pendidikan lain, serta memungkinkan telewicara bersama narasumber atau pengajar tamu.

Sementara penggunaan IoT sebagai alat keamanan di kampus antara lain diaplikasikan dalam bentuk kamera CCTV, pintu pintar (smart door locks) dan bis siswa yang terhubung IoT. Beberapa sekolah yang terintegrasi juga menggunakan kartu siswa pintar untuk menguatkan access management system institusi mereka.

IoT juga memungkinkan pengaturan lebih mudah dan biaya terjangkau untuk komponen infrastruktur seperti HVAC (pengatur suhu), lampu dan manajemen lanskap. Teknologi seperti ini diharapkan dapat membuat infrastruktur institusi pendidikan menjadi “pintar” dan meningkatkan kualitas layanan mereka secara umum.

Sistem dan jaringan IoT berpotensi mengubah paradigma interaksi serta hubungan siswa, pengajar dan administrasi dengan teknologi di lingkungan kelas. Teknologi ini diharapkan dapat meningkatkan hasil proses belajar-mengajar, memperbaiki pengalaman belajar dan mengurangi biaya operasional.

Walau terdengar rumit, Alcatel-Lucent Enterprise menyediakan solusi perencanaan sekaligus produk untuk mengimplementasikan skema Smart Classroom. Jaringan ini nantinya mampu menjalankan sistem IoT dan memudahkan siswa saat belajar, sekaligus meningkatkan kemampuan pengajar saat menyampaikan materi.

Sistem IoT dapat membantu administrator institusi pendidikan untuk menyederhanakan operasional jaringan serta membangun lingkungan pendidikan yang lebih aman. Solusi IoT Containment dan pendekatan keamanan berlapis dari ALE dapat mengurangi risiko keamanan yang mungkin terjadi. Jaringan ini juga menyederhanakan setup IoT dengan memudahkan device onboarding.

Solusi jaringan ALE juga memiliki sistem manajemen tunggal untuk semua elemen infrastruktur jaringan, termasuk manajemen terintegrasi LAN dan WLAN. Manajemen Alcatel-Lucent OmniVista® 2500 memiliki tampilan layarmuka tunggal yang dapat mengatur virtual environment, access points dan komponen jaringan lainnya.

ALE memungkinkan administrator mengoperasikan beberapa jaringan virtual secara terpisah di dalam suatu infrastruktur jaringan. Solusi ini dapat menekan biaya investasi capital expenditure untuk jaringan fisik. Sementara itu Unified Access memungkinkan integrasi jaringan LAN dan WLAN untuk beroperasi dalam satu jaringan dengan network services, policy framework, skema otentifikasi serupa database yang sama.

Pesatnya perkembangan teknologi digital di ruang kelas tidak harus menjadi momok mengerikan layaknya periode awal telepon genggam. Kini, teknologi terkini seperti IoT dapat benar-benar dimanfaatkan sebagai penyokong Smart Learning Environment dan Smart Classroom dalam paradigma Smart Education.

Categories: Artikel

No comments yet, be the first to leave one!

You must be logged in to post a comment.