Mempersiapkan Kota Masa Depan yang Efisien

Mempersiapkan Kota Masa Depan yang Efisien

Saat ini kota-kota di dunia mengonsumsi 75% dari total energi dan menjadi 80% dari penyebab efek rumah kaca. Di masa depan, jumlah rata-rata masyarakat kota, termasuk kota-kota di Indonesia, akan menjadi jauh lebih tinggi dan mengakibatkan tingkat polusi dan kepadatan di kota dapat mengalami kenaikan. Untuk mengatasi masalah ini, smart city dapat menjadi salah satu jalan keluar.

Smart city sebagai solusi

Dengan dukungan teknologi saat ini, konsep smart city di Indonesia dapat diterapkan dalam berbagai bidang, sehingga menjadi lebih dari sekadar pengelolaan kota yang baik. Selain itu, ada beberapa manfaat smart city dalam membantu meningkatkan pengelolaan kota dan layanan pemerintah, contohnya dalam hal administrasi kota untuk membantu memberikan layanan yang lebih baik.

Tidak hanya itu, dalam bidang pendidikan, teknologi dapat membantu menjangkau lebih banyak siswa dengan biaya yang lebih efisien. Dalam bidang kesehatan, teknologi dapat membantu untuk mendeteksi dan memberikan peringatan secara real time, sehingga dapat menyelamatkan lebih banyak orang. Tentunya dalam bidang transportasi juga, teknologi membantu dalam mengurangi kemacetan dan menciptakan efisiensi waktu.

Smart city membawa kemudahan bagi masyarakat

Di Jakarta, untuk memudahkan masyarakat menyampaikan laporan pengaduan, pemerintah daerah bekerja sama dengan aplikasi Qlue. Sementara itu di Pulau Dewata, Diskominfo kota Denpasar memiliki aplikasi Pro Denpasar untuk menampung laporan warga.

Dalam bidang pendidikan, beberapa kabupaten dan kota di Indonesia telah menerapkan sistem seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online. Sistem tersebut memudahkan para orang tua dan siswa dalam mendaftar sekolah dan juga untuk menunjukkan transparansi proses pendaftaran.

Untuk menciptakan dan membangun proyek smart city yang lebih efisien dan sukses di masa depan, ada beberapa sistem IT yang diperlukan. Contohnya, IP core network, broadband access network, cloud & data center, dan business integration platform. Seperti OmniSwitch 6350 dari Alcatel-Lucent Enterprise yang mampu menyediakan jaringan serta keamanan yang canggih dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, Alcatel-Lucent Enterprise juga memiliki jaringan nirkabel berperforma tinggi seperti OmniAccess Stellar Series yang dilengkapi dengan RF Radio Dynamic Adjustment dan jaringan unified access yang membantu menciptakan jaringan berkecepatan tinggi.

Ada juga aplikasi Rainbow, yaitu Cloud-based UC service (UCaaS) yang memiliki berbagai fitur seperti contact management, presence chat, audio/video call, dan screen and file sharing. Aplikasi ini dapat membantu meningkatkan kolaborasi di lembaga pemerintah dan memberikan layanan lebih baik kepada masyarakat.

Selain Jakarta dan Denpasar, kota-kota lain di Indonesia juga diharapkan mampu dan siap menerapkan smart city yang lebih efisien untuk membawa kemudahan bagi masyarakat di masa depan.

Categories: Artikel

One comment

  1. Endi Hari Purwanto said on March 18, 2019
    bagus utk Indonesia ke depan

You must be logged in to post a comment.