Jaringan Data yang Andal di Stadion Untuk Mendukung Smart City

Jaringan Data yang Andal di Stadion Untuk Mendukung Smart City

Pittsburgh Steelers, tim American football yang bermarkas di stadion Heinz Field, pernah memenangkan Super Bowl sebanyak enam kali. Untuk meningkatkan kualitas stadion Heinz Field, tim ini mengganti infrastruktur lama dengan solusi sistem komunikasi dan jaringan data terkini. 

Sistem Enterprise Resource Planning (ERP), call center tiket, papan skor, dan fasilitas-fasilitas di stadion berkaitan erat dengan jaringan data. Hal ini menjadi perhatian bagi Pittsburgh Steelers dalam meningkatkan kinerja teknologi dan sistem komunikasi yang digunakan di dalam stadion. Alcatel-Lucent Enterprise bersama partner bisnisnya, Dagostino Electronic Services (DES), menjawab kebutuhan Pittsburgh Steelers dengan solusi manajemen jaringan yang komprehensif menggunakan OmniSwitch dan OmniVista, serta solusi komunikasi menggunakan OmniPCX dan OmniTouch.

Keuntungan dari solusi komunikasi yang baru adalah dapat membantu menurunkan biaya perawatan dan menyederhanakan pekerjaan sehari-hari. Jaringan komunikasi yang andal juga membuat toko merchandise di stadion dapat beroperasi dengan lebih baik. Kualitas pelayanan di bagian ticketing juga meningkat, terutama saat peak times.

Penggunaan teknologi canggih dan peningkatan jaringan komunikasi di lapangan olahraga tidak hanya mendatangkan keuntungan bagi pengelola stadion, tetapi juga dapat memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan bagi penonton. Jaringan data yang andal di stadion juga mendukung penerapan smart city di kota tempat lapangan olahraga tersebut dibangun.

Bandung, salah satu kota di Indonesia yang mengangkat konsep smart city, juga mempunyai stadion yang dilengkapi dengan teknologi canggih, yaitu Stadion Si Jalak Harupat. Pada tahun 2010 dan 2017, stadion ini direnovasi untuk meningkatkan fasilitas, sehingga layak untuk dijadikan stadion internasional. Tribun penonton, ruang ganti pemain, loket tiket, dan bagian-bagian di sekitar stadion kini dinilai memenuhi standar yang ditetapkan Konfederasi Sepak bola Asia (AFC). Stadion Si Jalak Harupat juga sudah menggunakan papan skor digital dan sistem pengamanan CCTV.

Teknologi terkini dan jaringan data yang andal dibutuhkan supaya perangkat-perangkat di stadion dapat berjalan dengan baik. Fasilitas-fasilitas yang berhubungan langsung dengan pengunjung stadion, seperti call center dan loket tiket, hingga tribun penonton perlu ditingkatkan untuk mendukung smart stadium yang menjadi bagian dari smart city. Kota-kota lain di Indonesia juga diharapkan siap menerapkan teknologi terkini dan jaringan data yang andal untuk mendukung konsep smart city.

Categories: Artikel

No comments yet, be the first to leave one!

You must be logged in to post a comment.