Tingkatkan Efisiensi Sistem Pembelajaran dengan Smart Education

Tingkatkan Efisiensi Sistem Pembelajaran dengan Smart Education

Perkembangan pesat di dunia digital membuat banyak universitas menerapkan konsep smart education dan meningkatkan penggunaan teknologi di lingkungan pendidikan. Smart education dapat dimulai dengan menyediakan konektivitas nirkabel yang dapat diakses kapanpun di kampus. Dengan adanya konektivitas nirkabel, kampus yang menerapkan konsep smart education mampu menghubungkan seluruh staf, pengajar, dan mahasiswa melalui aplikasi dan gawai yang dibawa sendiri. Hal ini bisa meningkatkan efisiensi sistem pembelajaran karena mahasiswa dapat terhubung dengan beragam informasi di kampus.

Konsep smart education juga dapat memudahkan dan meningkatkan beragam layanan di kampus. Portal digital dan kelas virtual merupakan beberapa contoh layanan digital untuk mendukung smart education.

Di Amerika Serikat, State College Area School District (SCASD), yang terletak di Pennsylvania, mendidik sekitar 6.900 siswa dengan hampir 1.350 staf pengajar dan staf administrasi. SCASD melakukan pembaruan jaringan untuk mendukung layanan 24/7 IPTV dan video-on-demand di lingkungan sekolah. Dengan solusi teknologi OmniSwitch, OmniVista, dan OmniAccess dari Alcatel-Lucent Enterprise, siswa beserta staf pengajar dan staf administrasi dapat menggunakan layanan digital terbaru untuk bergerak maju dalam e-learning dan menjaga komunikasi di sekolah.

Di Indonesia, smart education juga mulai diterapkan di banyak sekolah dan perguruan tinggi, contohnya Universitas Sriwijaya, Palembang. Perguruan tinggi negeri ini melakukan transformasi digital pada sistem teknologi dan komunikasi di kampus. Unsri menginginkan penggunaan teknologi yang terpadu dan jaringan yang adaptif terhadap mobilitas pengguna. Alcatel-Lucent Enterprise menghadirkan solusi switch (OmniSwitch) dan access point (OmniAccess) yang kompatibel dengan kebutuhan kampus Unsri.

Solusi teknologi dan komunikasi tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan perguruan tinggi di Indonesia dalam mendorong penerapan smart education. Dalam memenuhi kebutuhan teknologi ini, perangkat access point dan switch yang fleksibel dibutuhkan untuk konfigurasi di masa depan. Pembatasan akses jaringan pada setiap gadget yang terhubung juga dibutuhkan untuk keamanan yang lebih terjamin.

Categories: Artikel

No comments yet, be the first to leave one!

You must be logged in to post a comment.