Platform Kolaborasi Berbasis Cloud Dukung E-Democracy

Platform Kolaborasi Berbasis Cloud Dukung E-Democracy

Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2019 telah berlangsung pada 17 April 2019 di seluruh Indonesia. Untuk pertama kalinya, masyarakat memilih presiden, wakil presiden, dan para anggota legislatif pada waktu yang sama. Apakah Anda menggunakan hak suara Anda saat pemilu?

Pada Pemilu Serentak 2019 lalu, pemerintah memanfaatkan teknologi untuk menyebarkan informasi mengenai calon presiden, wakil presiden, dan anggota legislatif. Penyebaran informasi mengenai pemilu melalui media elektronik adalah bagian dari penerapan e-democracy. Tidak itu saja, penyebaran informasi secara elektronik juga merupakan salah satu usaha pemerintah untuk meminimalkan golput dan memaksimalkan partisipasi pemilih saat pemilu.

Untuk memaksimalkan penyebaran informasi seputar Pemilu 2019 lalu, Komisi Pemilihan Umum menggunakan Twitter @KPU_ID dan situs resmi https://infopemilu.kpu.go.id/. Ada juga aplikasi KPU RI Pemilu 2019 yang mempermudah masyarakat dalam mengetahui hasil penghitungan suara di setiap provinsi.

Menggunakan hak suara saat pemilu merupakan tanda kepercayaan masyarakat kepada pemerintah. Setelah proses pemilihan selesai, masyarakat ingin lebih dekat dengan pejabat terpilih dan terhubung dengan proses pengambilan keputusan yang demokratis. Untuk mendukung pemerintahan yang lebih baik dan sesuai harapan masyarakat, komunikasi efektif dapat dibangun dengan menggunakan platform digital yang dibuat oleh pemerintah.

Penggunaan platform kolaborasi berbasis cloud merupakan salah satu bentuk efisiensi dalam komunikasi. Dalam satu platform yang terintegrasi, pemerintah dapat menyebarkan informasi dengan lebih luas dan masyarakat dapat menyalurkan aspirasi dengan lebih cepat. Masyarakat berharap aspirasi dapat didengar dan membawa perubahan baik dalam hal pemerintahan. Penggunaan teknologi yang terintegrasi juga akan mendukung e-government dan e-democracy yang lebih baik di masa yang akan datang.

Contohnya e-democracy dapat didukung dengan platform Rainbow CPaaS dari Alcatel-Lucent Enterprise yang bisa diintegrasikan dengan beragam informasi ke dalam aplikasi. Dengan Rainbow, komunikasi akan menjadi lebih mudah karena sistem cloud ini menghadirkan inovasi dalam penyebaran layanan, keamanan, dan privasi data bagi pengirim dan penerima. Sebagai solusi yang terintegrasi, Rainbow menghadirkan fitur-fitur yang beragam, seperti manajemen kontak, chat, chatbot, audio call, video call, dan berbagi file. Beragam fitur ini membantu meningkatkan respons pemerintah terhadap aspirasi yang disampaikan masyarakat dalam bentuk pertanyaan, saran, ataupun kritik. Respons cepat dari pemerintah akan mendukung komunikasi yang baik dan keterbukaan informasi. Hal ini bermanfaat bagi peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Categories: Artikel

No comments yet, be the first to leave one!

You must be logged in to post a comment.