Membangun Smart City dengan Dukungan Bidang Pendidikan

Membangun Smart City dengan Dukungan Bidang Pendidikan

Dalam membangun sebuah smart city, diperlukan pilar-pilar yang mendukung kota cerdas tersebut. Ahli smart city Indonesia, Prof. Dr. Ir. Suhono Harso Supangkat, memperkenalkan smart city sebagai kota yang memahami kondisi dan permasalahan yang terjadi di dalamnya. Setelah mengetahui dan memahami apa yang menjadi permasalahan, kota yang cerdas dapat mengatur sumber daya secara efektif dan efisien, dengan tujuan untuk memaksimalkan pelayanan kepada warga.

Untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang memiliki keahlian dan keterampilan, dukungan smart education diperlukan di smart city. Sumber daya manusia yang berkualitas akan berpengaruh positif terhadap proses pembangunan smart city yang cerdas dan terhubung.

Ada dua aspek penting dalam implementasi smart education untuk mendukung pembangunan smart city, yakni sistem pendidikan dan teknologi. Kedua aspek tersebut memungkinkan pemerintah kota untuk membuat program pendidikan yang sesuai dengan tujuan penerapan smart city Indonesia. Kerja sama antara pemerintah kota dengan institusi pendidikan dapat diwujudkan dengan mendirikan pusat teknologi komunikasi yang terintegrasi di setiap sekolah. Selain itu, sistem informasi digital dalam bidang edukasi juga dibutuhkan, seperti: sistem e-learning, ujian berbasis komputer, pendaftaran siswa baru secara online, aplikasi untuk pembelajaran, perpustakaan digital, dan masih banyak lagi.

Sejalan dengan tujuan dari penerapan smart education untuk mendukung smart city Indonesia, Alcatel-Lucent Enterprise menghadirkan solusi teknologi komunikasi terintegrasi. Untuk menjawab tantangan penerapan smart education, diperlukan perangkat jaringan yang mampu mendukung kegiatan belajar dan membantu meningkatkan kemampuan para siswa.

Solusi komunikasi dan jaringan dari Alcatel-Lucent Enterprise dapat membantu institusi pendidikan menjalankan konsep smart education dengan cara:

1. Menyediakan kualitas konektivitas kelas enterprise

Perangkat jaringan yang tersedia dari Alcatel-Lucent Enterprise mampu mendukung kegiatan-kegiatan di sekolah dan kampus. Mulai dari perangkat access point OmniAccess, perangkat network switch OmniSwitch, hingga layanan sistem cloud OmniVista. Seluruh perangkat memiliki kemampuan tinggi yang dapat diintegrasikan, sehingga meningkatkan konektivitas.

2. Meningkatkan efektivitas kegiatan belajar dengan sistem Internet of Things (IoT)

Sistem Internet of Things mengubah cara sekolah dan kampus dalam proses mengumpulkan dan menyebarkan informasi. IoT mengacu pada jaringan yang tersedia dan mampu menghubungkan peserta didik dengan pengajar tanpa batasan tempat.

3. Menyediakan fasilitas sekolah dan kampus yang dilengkapi fitur lokasi

Fitur Location-Based Services menawarkan analisis lokasi yang mendalam untuk lebih memahami mobilisasi di sekolah dan kampus. Dengan perangkat OmniAccess Stellar LBS Suite, konektivitas dan mobilitas di sekolah dan kampus dapat ditingkatkan.

4. Memastikan keamanan akses jaringan sekolah dan kampus dengan perangkat yang aman dan efisien

Untuk membantu institusi pendidikan memanfaatkan kelebihan sistem IoT, Alcatel-Lucent Enterprise menyediakan perangkat jaringan dengan keamanan tingkat tinggi. Contohnya, melindungi akses jaringan dari serangan cyber dan memberikan keamanan pada tiap gadget yang terhubung.

Perangkat jaringan dari Alcatel-Lucent Enterprise dapat disesuaikan dengan kebutuhan institusi pendidikan di semua tingkat. Sistem jaringan yang baik merupakan fondasi utama dari penerapan smart education yang dapat mendukung smart city Indonesia.

Simak juga artikel lainnya tentang penerapan smart education:

Categories: Artikel

One comment

You must be logged in to post a comment.